Menghubungkan domain pihak ketiga                                               

Menghubungkan domain pihak ketiga Anda ke Jagalink mengarahkan nama domain Anda ke halaman Biolink Anda. Ini berarti bahwa ketika seseorang memasukkan URL kustom Anda ke browser web mereka, itu akan membawa mereka ke halaman Biolink Anda. Anda masih menggunakan penyedia domain pihak ketiga untuk mengelola setelan domain, membayar domain, dan memperbaruinya.


Apa itu domain root dan subdomain?

Domain root adalah apa yang Anda beli saat membeli domain. Contoh domain root adalah jagalink.com. Anda perlu membeli domain root sebelum Anda dapat menambahkan subdomain. Kebanyakan orang mengarahkan domain root mereka ke toko online mereka.

Subdomain adalah tambahan ke domain root. Subdomain yang umum digunakan adalah www. Ini berpasangan dengan domain root yang membuatnya menjadi www.jagalink.com.


Tambahkan domain yang ada ke halaman Biolink Anda

Peringatan
Perilaku tak terduga dapat terjadi jika Anda menggunakan proxy pihak ketiga. Jagalink tidak bertanggung jawab atas hilangnya informasi.

Pertama, Anda perlu menambahkan domain khusus Anda ke Jagalink.

Langkah:

  1. Dari dashboard jagalink, pergi ke Account > Domains.
  2. Klik tombol Buat.
  3. Masukkan domain yang ingin Anda sambungkan, misalnya john-doe.info. pastikan memilih https:// atau http:// Perhatian Anda memerlukan SSL untuk mengakses melalui https:// jika tidak, domain Anda mungkin tidak dapat diakses
  4. (Opsional biarkan kosong untuk default) Anda dapat mengarahkan ulang ke url tertentu ketika pengunjung mendarat di indeks domain, misalnya domain Anda untuk Biolink adalah john-doe.info tetapi Anda ingin mengarahkan ulang ke store.jhon-doe.info saja, isi di kolom url indeks khusus.
  5. Click Buat.

Sekarang Anda perlu mengatur domain yang ada untuk mengarah ke Jagalink.


Siapkan domain Anda dengan GoDaddy, Google, atau 1&1 IONOS

Hubungkan domain Anda secara manual

  1. Masuk ke akun yang Anda miliki dengan penyedia domain Anda. 

  2. Temukan pengaturan DNS Anda. Cari area manajemen domain Anda, konfigurasi DNS, atau yang serupa. 

  3. Temukan data CNAME di setelan DNS Anda.

  4. Ubah data CNAME subdomain Anda agar mengarah ke jagalink.com . Misalnya, jika Anda ingin subdomain shop.johns-apparel.com mengarah ke halaman Biolink Anda, maka ubah catatan CNAME toko Anda menjadi jagalink.com :

  5. Simpan CNAME Record (biasanya dengan mengklik Save atau Add record atau sejenisnya).



Siapkan domain Anda yang sudah ada untuk terhubung ke Jagalink

Jika Anda telah membeli domain melalui pihak ketiga, maka Anda perlu mengedit pengaturan DNS berikut:

  • Catatan A Anda harus mengarah ke alamat IP jagalink, yaitu 139.162.25.145 

  • www CNAME Record Anda harus mengarah ke jagalink.com

Mengedit setelan domain ini mungkin berdampak pada hal lain, seperti penerusan email. Anda dapat menghubungi penyedia domain untuk mengetahui bagaimana perubahan dapat memengaruhi setelan DNS Anda.

Beberapa penyedia domain, seperti Hover, GoDaddy, Google, dan 1&1 IONOS, secara otomatis menyiapkan domain untuk Anda dengan berbagai cara.

Catatan
Anda hanya dapat memiliki satu data A yang terkait dengan domain primer Anda. Jika domain Anda sudah dikaitkan dengan catatan A saat Anda mengedit pengaturan DNS untuk mengarahkan catatan A Anda ke alamat IP Jagalink, maka hapus catatan A yang lama.


Langkah:

  1. Masuk ke akun yang Anda miliki dengan penyedia domain Anda. 

  2. Temukan pengaturan DNS Anda. Cari area manajemen domain Anda, konfigurasi DNS, atau yang serupa. 

  3. Edit A record Anda untuk menunjuk ke alamat IP Jagalink  139.162.25.145  

    Panel pengaturan domain mungkin menampilkan drop-down atau bidang yang dapat diedit, atau Anda mungkin harus mencentang kotak atau mengedit tabel. Kamu butuh: 

    • masukkan atau pilih simbol @, atau A record 
    • masukkan alamat IP Jagalink  139.162.25.145  sebagai tujuan untuk A record.  
  4. Simpan A Record (klik Save, Save Zone File, Add Record, atau sejenisnya). 

  5. Temukan data CNAME di setelan DNS Anda. 

  6. Ubah data CNAME www Anda menjadi jagalink.com. Seringkali, Anda hanya perlu memberikan awalan tanpa titik, tetapi untuk beberapa penyedia domain Anda memerlukan seluruh subdomain. Gunakan entri yang ada sebagai panduan, atau ikuti instruksi penyedia Anda. Catatan CNAME harus selalu mengarah ke nama domain, tidak pernah ke alamat IP.  

  7. Simpan CNAME Record (biasanya dengan mengklik Save atau Add record atau sejenisnya). 


Apa yang harus diberitahukan kepada penyedia pihak ketiga Anda

Penyedia domain pihak ketiga Anda memahami istilah yang terkait dengan domain. Saat Anda menghubungi penyedia Anda untuk mendapatkan dukungan, Anda dapat memberi tahu mereka bahwa:

  • Anda ingin domain root Anda (A record Anda) mengarah ke alamat IP Jagalink, yaitu 139.162.25.145  
  • Anda ingin subdomain Anda (CNAME records Anda) mengarah ke jagalink.com. 
Catatan
Anda tidak perlu menetapkan subdomain Anda sebagai A Record untuk Jagalink meskipun Anda menggunakannya sebagai domain utama.

Hubungkan subdomain

Subdomain adalah subset untuk domain root Anda di awal URL. Misalnya, di URL shop.johnsapparel.com, shop adalah subdomainnya. Subdomain yang paling populer adalah www. Anda dapat menggunakan subdomain seperti toko dan blog untuk mengatur situs web Anda dan memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari.

Anda juga dapat mengatur domain pihak ketiga agar domain root mengarah ke situs web yang berbeda dan subdomain mengarah ke halaman Biolink. Misalnya, Anda dapat membuat shop.johns-apparel.com menunjuk ke halaman Biolink Anda, tetapi johns-apparel.com menunjuk ke host situs web yang berbeda.

Note
Pemecahan masalah pengaturan ini tidak didukung oleh Jagalink.

Mempersiapkan

Untuk menghubungkan subdomain, selesaikan langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke akun yang Anda miliki dengan penyedia domain Anda. 
  2. Temukan pengaturan DNS Anda. Cari area manajemen domain Anda, konfigurasi DNS, atau yang serupa. 
  3. Temukan data CNAME di setelan DNS Anda. Nama data CNAME harus cocok dengan subdomain yang Anda sambungkan ke halaman Biolink Anda. 
  4. Konfigurasikan data CNAME agar mengarah ke jagalink.com . Seringkali, Anda hanya perlu memberikan awalan tanpa titik, tetapi untuk beberapa penyedia domain Anda memerlukan seluruh subdomain. Gunakan entri yang ada sebagai panduan, atau ikuti instruksi penyedia Anda. Catatan CNAME harus selalu mengarah ke nama domain, tidak pernah ke alamat IP. 
Note
Mungkin diperlukan waktu hingga 48 jam agar subdomain Anda mengarah ke halaman Biolink Anda. Jika Anda mengalami masalah atau memerlukan bantuan dalam mengonfigurasi domain pihak ketiga, Anda dapat menghubungi penyedia domain Anda.

Penyedia domain pihak ketiga

Jika Anda memiliki domain dari salah satu penyedia berikut, klik tautan untuk mendapatkan petunjuk khusus untuk menghubungkan domain Anda:


Ke mana harus mencari bantuan?

Jika Anda memiliki masalah atau memerlukan bantuan untuk mengarahkan domain kustom Anda ke halaman Biolink Anda, maka Anda harus menghubungi tim dukungan penyedia pihak ketiga Anda. Jagalink Support akan lebih terbatas dalam membantu Anda karena setiap provider berbeda.

Note
Dukungan Jagalink tidak dapat masuk ke akun domain pihak ketiga untuk Anda, bahkan jika Anda memberi kami izin eksplisit. 



 

Note
Tim jagalink akan mengecek custom domain anda secara manual, mungkin membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk tim kami mengaktifkan custom domain anda, jika lebih dari waktu tersebut domain tidak aktif silahkan hubungi kami di support@jagalink.com. Jika Anda mengalami masalah atau memerlukan bantuan dalam mengonfigurasi domain pihak ketiga, Anda dapat menghubungi penyedia domain Anda.